Anak Tumbuh Sehat dan Ceria dengan Mengkonsumsi Madu

No comment 735 views

Sakit merupakan suatu keadaan yang tidak diinginkan setiap manusia. Sakit akan berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari. Begitu pula sakit pada anak-anak, sakit akan menyebabkan anak menjadi lesu dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan ceria, namun bagaimana jika anak mengalami sakit yang tak kunjung sembuh dan terus menerus terserang penyakit? Anak akan mengalami sakit harus segera diatasi dengan cepat dan tepat agar anak kembali ceria di setiap aktivitasnya.

Pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi lengkap dan seimbang serta istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh anak sehingga anak tidak akan mudah sakit. Kebersihan lingkungan sekitar pun akan mengurangi potensi anak terserang penyakit. Selain itu, pemberian suplemen yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan anak dari dalam tubuhnya. Namun, apabila anak sudah terlanjur terserang penyakit, pemberian obat-obatan kimiawi pada anak perlu diawasi karena dapat menimbulkan efek samping yang merugikan. Sekarang ini, masyarakat telah beralih ke bahan alami untuk mengobati penyakit agar tidak memberikan efek samping, terutama untuk anak-anak. Madu merupakan bahan alami yang sering digunakan dan sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh. Kandungan anti-bakteri, anti-fungal, dan anti-viral pada madu mampu melawan dan membunuh kuman penyebab penyakit sehingga anak akan lebih cepat sembuh. Pemberian madu pada anak menjelang tidur perlu dilakukan untuk menekan kegelisahan anak, sehingga anak menjadi lebih tenang dan dapat optimal dalam beristirahat. Selain itu, madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh mampu mencegah terjadinya infeksi kuman penyebab penyakit dan anak tidak akan mudah terserang penyakit.

Meskipun memiliki banyak manfaat, madu hanya dapat dikonsumsi oleh anak yang berusia 1 tahun keatas. Konsumsi madu pada anak yang berusia dibawah 1 tahun dapat berakibat pada keracunan. Madu dapat terkontaminasi oleh spora yang bersifat toksik atau racun dan dapat menyebabkan keracunan atau bahkan kematian. Keracunan pada bayi terjadi karena organ pencernaan yang belum sempurna, sehingga tidak mampu menetralisis spora yang mungkin terdapat pada madu. Meskipun demikian, anak yang berusia 1 tahun keatas telah memiliki keseimbangan asam yang cukup pada organ pencernaannya untuk menghancurkan beberapa racun yang ditimbulkan oleh spora pada madu. Oleh karena itu, madu sangat aman dan bermanfaat dikonsumsi oleh anak yang berusia 1 tahun keatas untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Madu sangat aman dikonsumsi secara rutin setiap hari oleh anak yang berusia diatas 1 tahun karena terbuat dari nektar yang dikumpulkan dan diproses secara alami oleh lebah.

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit, madu juga dapat membantu meningkatkan berat badan anak setelah mengalami sakit. Meskipun demikian, madu juga dapat dikomsumsi oleh anak yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas). Nafsu makan anak menjadi teratur sehingga berat badannya akan semakin ideal. Konsumsi madu secara rutin juga dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta perkembangan anak. Anak akan tumbuh sehat dan ceria karena mengkonsumsi madu setiap hari. Selamat mencoba khasiat madu.

author