Apakah Madu Asli Itu?

No comment 842 views

Menurut  World Health Organization Codex Alimentarius for Honey, “Madu merupakan bahan pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar tanaman berbunga; atau sekresi dari tanaman; atau ekskresi serangga yang merugikan tanaman yang hidup pada bagian tanaman, bahan-bahan tersebut dikumpulkan oleh lebah, diproses dengan komponen gabungan yang spesifik, disimpan, dikurangi kadar airnya, kemudian disimpan pada sarang lebah untuk proses pematangan”.

Untuk penggambaran madu, mereka menjelaskan bahwa “Madu terdiri dari bahan esensial dengan kandungan gula yang berbeda, namun mengandung gula dominan berupa glukosa dan fruktosa. Jenis warna madu mulai dari tidak berwarna hingga coklat gelap. Kekentalannya dapat berupa cairan, kental, hingga padat (kristal). Rasa dan aroma madu dapat berubah ubah, namun biasanya akan sama dengan sumber nektar”.

Madu palsu muncul pada saat membanjirnya madu yang harganya lebih murah dari China di pasaran, dan hal ini sudah terjadi 10 tahun yang lalu. Untuk mengetahui kemurnian madu asli, dapat dilakukan pengujian serbuk sari. Serbuk sari memberikan sejenis DNA pada madu dan menunjukkan dari mana madu tersebut berasal. Pada saat madu yang berasal dari China dilarang untuk diedarkan (beberapa orang mengatakan hal tersebut untuk melindungi peternak lebah di Amerika Serikat), China mulai melakukan kecurangan. China mulai mengirim madu palsu ke India, dimana madu palsu tersebut dicampur dengan madu yang mengandung serbuk sari dari India, kemudian mengirimnya lagi ke Amerika Serikat. Kemudian muncullah proses ultra-filtration yang bertujuan untuk menghilangkan serbuk sari. Mereka melakukan hal tersebut untuk menghilangkan bahan yang tidak murni (serbuk sari). Dan sekarang, ada 76% jenis madu yang tidak mengandung serbuk sari yang dijual di seluruh toko. Madu asli akan mengandung beberapa serbuk sari. Dan kemampuan anti-fungal dan anti-inflammatory dari madu didapatkan dari serbuk sari. The US Food and Drug Administration menyatakan bahwa produk yang melewati proses ultra-filtration dan tidak mengandung serbuk sari, tidak bisa dikatakan sebagai madu.

Tidak ada proses sterilisasi, pemanasan atau penyaringan pada madu asli. Namun, apa yang lebah tambahkan pada madu sehingga memiliki manfaat yang banyak? Hal ini karena adanya “bahan ajaib” berupa enzim pada madu dan anti-oksidan tertentu yang tidak mampu diberikan produk kesehatan dan pengobatan.

Ada tiga jenis madu, yaitu madu asli yang terbuat dari madu alam; madu campuran, berupa madu yang mengandung madu asli dan tambahan bahan lain; serta madu tiruan yang terbuat dari sirup jagung dan gula dengan pewarna makanan dan bahan tambahan lainnya. Cara untuk mengetahui madu asli atau madu palsu yaitu dengan menggosokkannya pada jari. Madu asli akan diserap oleh kulit dan tidak akan meninggalkan bekas lengket. Lengket berarti bahan tersebut mengandung gula atau pemanis buatan. Dapat pula dilakukan dengan meletakkan beberapa tetes madu pada tisu. Madu asli tidak akan terserap karena madu tidak mengandung air.

author