Awas Madu Palsu Beredar di Pasaran

No comment 1087 views

Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan madu palsu, namun mereka mempunyai cara yang berbeda untuk membedakan madu asli dan palsu. Mereka juga mempunyai anggapan yang berbeda pula di masyarakat, seperti berikut :

  1. Semut tidak suka madu
  2. Madu Asli tidak membeku dalam kulkas

Faktanya:

  1. Semut sangat suka dengan madu. Madu yang tidak didatangi semut justru biasanya karena kadar airnya tinggi.
  2. Madu asli adalah merupakan zat cair kental yang mengandung air 17-25%, dan tentu semua air murni akan membeku dalam suhu 0 C. Kalau ada madu yang tidak membeku minimal selama 7 hari maka dipastikan madu tersebut telah mengandung zatkimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini adalah anggapan yang berasal Dosen IPB & Asosiasi Perlebahan Indonesia:

  1. madu hutan yang diperoleh dari pemanenan sarang-sarang lebah yang ada di indonesia,keumumannya mempunyai kadar air yang terkandung didalam madu tinggi (antara 24-26%) disebabkan karena hutan di indonesia termasuk hutan hujan tropis yang memiliki curah hujan tinggi.
  2. kadar air yang tinggi pada madu hutan merupakan sifat alami madu hutan tersebut,tanpa rekayasa dari manusia
  3. madu hutan yang memiliki kadar air tinggi,akan sangat cepat terjadi fermentasi
  4. sifat fermentasi ini ditandai dengan ciri fisik wadah madu apabila dari plastik/jrigen akan terjadi proses penggelembungan yang berlebihan/ekstrim
  5. apabila wadahnya dari botol kaca kemungkinan terjadi ledakan akan sangat besar dan berbahaya
  6. ciri lain dari proses fermentasi ini adalah rasa asam yang sangat pada madu
  7. dampak dari keasaman pada madu yang diluar ambang batas,maka berakibat pada matinya sebagian/seluruhnya enzim yang terkandung dalam madu hutan
  8. sedangkan fungsi enzim ini sendiri berfungsi sebagai penyembuh/pembentuk anti bodi pada tubuh ketika meminum madu
  9. apabila enzim yang terkandung dalam madu hutan sdh tidak ada/rusak maka madu tersebut tidak layak minum karena sdh rusak dan cenderung membahayakan tubuh.

Dan perlu diketahui juga oleh para konsumen bahwa madu terfermentasi adalah madu yang sudah rusak apabila ini dikonsumsi oleh anda ini akan bahaya bagi kesehatan anda sekeluarga. Untuk membedakan madu palsu dengan asli memang sulit jika anda tidak terbiasa dengan madu. Jika anda seorang yang sudah tidak asing dengan madu, maka itu adalah hal yang biasa.

Tetaplah waspada kepada pedagang yang mejual madu palsu, karena anda berhak mendapatkan madu yang berkualitas baik jika anda mengeluarkan uang yang besar untuk membeli madu itu. Percayalah dengan produk yang meang sudah terbukti nyata dan biasanya banyak dari saudara anda yang sudah memakainya. Itu bisa menjadi rekomendasi yang berharga jika suatu saat anda berhadapan dengan madu palsu.

author