Bagaimana Peluang Jual Madu di Indonesia ?

No comment 1065 views
Bagaimana Peluang Jual Madu di Indonesia ?

Bagaimana Peluang Jual Madu di Indonesia ?

Peluang jual madu di Indonesia masih sangatlah terbuka luas bagi para inverstor dan para peternak yang bergelut dalam berternak lebah. Ini adalah sebuah peluang jual madu secara nasional apabila ditangani dengan tepat, mulai dari pembibitan sampai panen madu dapat dilakukan.

Tantangan ini sudah banyak dijawab oleh para pengusaha dan di dukung dengan peternak lebah yang selalu menaikan kualitas dari madu yang dihasilkan dari peternakan. Madu anak adalah salah satu produk yang laris manis dipasaran. Ini terbukti dengan banyaknya merk dagang dengan target anak usia 12 tahun kebawah.

Produksi madu di Indonesia masih sangat kurang sehingga Indonesia harus mengimpor 70% dari kebutuhan total selurruh Indonesia atau sekitar 3.000 ton madu per tahun. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan produksi madu di dalam negeri masih kurang, yaitu hanya sekitar 1.000 - 1.500 ton per tahun." kita masih kurang. Artinya masih impor 70% dari total kebutuhan di dalam negeri. Oleh karena itu kita dukung pemerintah daerah untuk mengembangkan konsumsi madu dan produksi madu," ujarnya saat Pencanangan Pekan Madu Nasional I, hari ini.Menurut Menhut, untuk memproduksi madu tidak memerlukan keterampilan khusus dan modal besar. Selain itu Kementerian Kehutanan juga menyiapkan lahannya.Sebagian besar impor madu Indonesia berasal dari China, Thailand, Australia, dan Selandia Baru.

Madu merupakan jenis komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Madu alam diambil dari hutan, sedangkan madu penangkaran dikelola oleh petani.Pekan Madu Nasional I tahun ini di NTB didukung oleh Asosiasi Perlebahan Indonesia, produsen madu, distributor dan pelaku bisnis madu serta pemerintah. Para produsen harus berlomba dalam peningkatan kualitas madu anak dan madu dewasa yang meraka produksi. Menhut mengajak masyarakat untuk gemar mengonsumsi madu, agar tingkat konsumsi per kapita bisa meningkat.Rata-rata konsumsi madu di dalam negeri hanya 10-15 gram per kapita atau jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia dan Inggris yang mencapai 1.000 - 1.600 gram per kapita.Jika penduduk Indonesia saat ini mencapai 240 juta orang, dibutuhkan sekitar 3.600 ton madu per tahun. "Namun, nilai ekonomi yang sangat besar belum mampu dimanfaatkan oleh bangsa ini. Hal ini disebabkan oleh rendahnya produksi madu nasional yang hanya mencapai 1.500 - 2.000 ton per tahun. Sebuah potensi jual madu yang besar bukan.

Potensi pengembangan jual madu sangat besar karena terdapat hutan yang luas.Salah satu jenis lebah yang ada di Indonesia adalah lebah hutan atau giant honey bee yang menghasilkan madu putih yang berasal dari Gunung Tambora, dan madu embun yang berasal dari pertanaman pohon Kempas yang terdapat di Pulau Moyo. Tak kalah dari 2 jenis lebah sebelumnya adalah lebah jenis Apis melivera yang menjadi primadona bagi para peternak kebanyakan, karena mempunyai kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baik. Dan produksi madu dari lebah ini juga mempunyai kualitas yang bersaing dengan lebah jenis lainya.

Madu anak vitabumin berasal dari madu murni yang di padukan dengan ekstrac ikan gabus yang mengandung protein albumin yang baik untuk masa penyembuhan anak, juga terdapat sari dari tumbuhan temulawak. Temulawak seperti kebanyakan orang ketahui berkhasiat untuk menambah nafsu makan anak. Sebuah produk yang lengkap untuk buah hati kesayangan anda.

author