Bahaya Madu Palsu Bagi Kesehatan

No comment 852 views

Madu palsu, yang pertama anda ingat pasti pedagang keliling atau pedagang madu yang berada di pinggir jalan, atau ada pedagang yang mengaku mendapat madu dari hutan.  Hal tersebut hanyalah sebagian kecil dari akal akalan pedagang untuk mendapatkan pembeli yang bisa mereka kelabuhi. Hal tersebut bukan hanya satu atau dua orang saja yang berbuat demikian. Akan tetapi, di luar sana banyak sekali tangan-tangan jahil yang mencoba membuat usil sehingga merugikan konsumen.

Salah satu contohnya yaitu menjual madu palsu. Seperti kita ketahui bahwa madu memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kecantikan. Tak hanya itu saja madu juga banyak diburu karena bisa mengobati beragam penyakit. Kita sebagai konsumen tentunya masih sangat awam dengan ciri yang dihadirkan madu palsu. Untuk bisa mengetahui dan menguji  keaslian madu sangat sulit dilakukan jika hanya dengan melihat tampilan fisiknya saja.

Maka dari itu, kita membutuhkan bantuan petugas laboratorium agar bisa membedakan madu yang asli dan palsu. Banyaknya beredar madu palsu di sekitar kita tentunya banyak sekali efek samping dari madu palsu tersebut. Banyaknya peredaran madu di masyarakat tentunya sangat merugikan konsumen. Mereka telah membayar dengan harga yang begitu mahal namun kenyataannya madu yang didapatkan palsu.

Madu palsu tentu memiliki rasa yang berbeda dengan madu aslinya. Dari segi aroma juga pasti berbeda, namun yang paling di khawatirkan adalah efek samping dari madu palsu bagi orang yang mengonsumsinya bisa juga mengakibatkan gangguan pencernaan bagi mereka. Madu yang memiliki ribuan kandungan sudah dipercaya oleh masyarakat sejak dulu untuk mengobati beragam penyakit yang dideritanya. Akan tetapi adanya madu palsu ini justru hanya menimbulkan penyakit baru bagi mereka.

Tak sedikit pula orang yang menggunakan madu untuk kecantikan mereka. biasanya kaum wanita muda menggunakan madu untuk masker wajah supaya wajah terlihat begitu cerah dan tidak berminyak. Dengan penggunaan madu secara teratur wajah orang yang biasa menggunakan madu untuk masker, akan memberikan manfaat kepada kulit wajah kita, namun kita harus berhati-hati jikalau madu yang kita beli adalah madu palsu. Banyak sekali permasalahan baru yang muncul dan banyak merugikan konsumen ketika anda sebagai konsumen terjebak dalam membeli madu. Dan parahnya kita tidak bisa membedakan madu tersebut.

Kita memang sangat sulit membedakan madu asli dan palsu ketika membeli. Maka dari itu semua, sebagai konsumen yang pintar, kita harus bisa mengelabuhi pedagang yang mencurigakan. Waspada kepada produk yang dijual murah, namun kalau saudara sendiri yang menjual murah tentu kita akan percaya bukan. Namun tidak ada salahnya kita menguji dengan membedakan madu palsu dan madu asli.

author