Cara Aman Atasi Batuk, Flu dan Pilek pada Anak

No comment 696 views

Anak-anak lebih rentan terserang batuk, flu, dan pilek selama pertumbuhannya. Seringkali anak mengalami sakit yang beruntun karena lemahnya daya tahan tubuh anak. Batuk, flu, dan pilek terjadi karena adanya infeksi virus. Virus ini bisa saja menginfeksi anak melalui debu yang terdapat pada mainan dan benda di sekitarnya atau anak juga dapat tertular dari teman sepermainannya yang telah terinfeksi virus. Kebersihan lingkungan, pemberian makanan dan minuman yang bergizi lengkap dan seimbang, serta istirahat yang cukup akan mengurangi resiko anak terkena infeksi virus penyebab penyakit. Pemberian suplemen juga perlu dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan dari dalam tubuh anak.

Madu telah lama dipercaya dan digunakan untuk menjaga kesehatan, terutama untuk anak-anak. Kebiasaan masyarakat ini juga telah dibuktikan oleh banyak peneliti yang telah meneliti kandungan dan manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Madu telah terbukti mampu memperkuat sistem imunitas sehingga anak tidak akan mudah terserang penyakit. Kandungan anti-viral pada madu akan mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus, terutama pada penyakit batuk, flu, dan pilek. Selain itu, kandungan anti-bakteri dan anti-fungal pada madu juga dapat mencegah infeksi kuman penyebab penyakit yang lainnya. Kandungan anti-oksidan dan flavonoid akan membantu proses penyembuhan sakit anak, sehingga anak akan lebih cepat sembuh.

Selain itu, pemberian madu sebelum tidur kepada anak akan membuat anak menjadi lebih tenang dan anak akan beristirahat secara optimal untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Berat badan anak yang menurun setelah sakit pun dapat diatasi dengan pemberian madu. Madu dapat meningkatkan nafsu makan anak, sehingga berat badannya juga akan meningkat. Selain itu, madu juga dapat digunakan sebagai suplemen pendamping pertumbuhan dan perkembangan anak dalam memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi serta mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak. Anak akan tumbuh dengan sehat dan cerdas karena mengkonsumsi madu secara rutin setiap hari. Konsumsi madu setiap hari pada anak akan sangat aman dan tidak akan memberikan efek samping  karena madu berasal dari nektar yang dikumpulkan oleh lebah.

Madu dapat diberikan secara langsung kepada anak, atau dengan dicampurkan pada makanan dan minuman favorit anak. Rasa yang manis pada madu dapat digunakan sebagai pengganti gula. Namun, pemberian madu tidak dianjurkan untuk anak yang berusia dibawah 1 tahun. Meskipun memiliki banyak manfaat, madu dapat saja terkontaminasi spora yang bersifat toksin atau racun pada anak yang berusia di bawah 1 tahun. Hal ini terjadi karena organ pencernaan pada bayi yang kurang sempurna, sehingga dapat berdampak pada keracunan karena adanya perkembangan spora pada madu. Namun, pemberian madu dapat dilakukan pada anak mulai usia 1 tahun keatas. Konsumsi madu pada anak yang berusia 1 tahun keatas akan sangat aman dan bermanfaat karena organ pencernaan anak yang mulai sempurna. Jadi, madu akan sangat baik dikonsumsi oleh anak yang berusia 1 tahun keatas untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Selamat mencoba khasiat madu.

author