Cara Menguji Madu Asli atau Palsu

No comment 785 views

Menguji madu asli dan palsu, memang memerlukan trik yang tidak hanya satu saja, karena kita harus benar yakin betul bahwa madu itu asli. Seperti biasa yang dilakukan peneliti bahwa menguji madu harus teliti dan berulang dengan cara yang berbeda. Konsumen di indonesia sudah banyak dirugikan oleh para pedagang usil ynag menjual madu palsu. Maka dari itu perlunya untuk konsumen menguji madu yang akan mereka beli. Mulai dari mencicipi sampel dari madu mungkin bisa menjadi cara paling mudah untuk mengujinya, dan tentu itu cara paling halus kepada pedagang. Berikut tips untuk anda :

  1. Memahami bahwa tes ini tidak 100% akurat. Indah, berbagai lezat Honey bekerja melawan Anda ketika Anda mencoba untuk menemukan sebuah tes sederhana. Berbagai jenis madu murni dapat mencakup berbagai macam kepadatan, mudah terbakar, dan karakteristik lainnya. Sementara tes berikut ini didasarkan pada prinsip-prinsip yang benar, dalam praktek hasil Anda mungkin tidak meyakinkan. Cobalah beberapa tes ini untuk melihat apakah madu palsu atau asli.
  2. Tambahkan sesendok madu cair ke air hangat. Tambahkan sesendok madu ke dalam segelas air hangat, aduk perlahan atau tidak sama sekali. Jika madu telah dicampur dengan beberapa jenis sirup gula, itu akan larut dalam air. Madu yang paling murni, dan sayangnya beberapa madu dicampur juga, akan tetap bersama-sama dan tenggelam sebagai benjolan padat, atau tetap terjebak sebagai benjolan pada sendok. Perhatikan bahwa madu murni atau dicampur juga dijual di lumat (merata mengkristal) bentuk atau bentuk sarang lebah padat. ini akan selalu sulit larut, apakah madu murni.
  3. Api diatur ke kapas atau lilin sumbu yang dicelupkan ke dalam madu. Tes ini hanya akan memeriksa apakah air ditambahkan dalam madu, yang dapat mencegah madu dari pembakaran. Celupkan kapas atau sumbu kapas dari lilin menjadi sedikit madu, dan kibaskan jika kelebihan. Mencoba untuk menyalakan kapas atau sumbu. Jika terjadi api yang terbakar dengan mudah, maka mungkin tidak memiliki air ditambahkan. Jika menolak untuk membakar atau membuat suara retak sebaliknya, air mungkin telah ditambahkan.
  4. Teteskan madu pada kertas isap atau handuk kertas. Jika madu telah diencerkan dengan air, mungkin diserap atau meninggalkan tanda basah di bahan penyerap seperti kertas isap. Madu murni tidak mudah diserap.

Semoga ini membantu anda dalam menguji madu yang asli atau palsu. Karena ditipu oleh pedagang itu menjadi pengalaman yang membuat kita menjadi waspada dan was was. Andai kita di beri kesempatan untuk mengujinya sebelum membeli maka kita dapat dengan mudah membuktikan madu ini asli atau tidak. Namun kesempatan itu ada jika kita mau kritis dan berani membeli jika madu itu asli.

author