Daya Tahan Tubuh Sebagai Sistem Kekebalan

No comment 539 views

Anak anda sering atau mudah terserang penyakit yang sering muncul disekitar anda. Jangan menjadikan hal tersebut menjadi beban untuk hidup anda. Karena itu semua adalah tugas anda, untuk menjaga dan mengawal perkembangan fisik anak. Anak yang masih dalam membangun sistem pencernaan mereka maka diperlukan sebuah nutrisi yang dapat menambal kekurangan nutrisi dari anak anda.

Daya tahan tubuh sebagai sistem kekebalan atau pertahanan anak untuk menghadapi situasi musim cuaca yang tidak menentu sekarang. minuman seperti yang dikonsumsi oleh anak dan makanan yang banyak beredar di jual bebas menjadikan daya tahan anak yang awalnya kuat menjadi lemah karena sumber asupan nutrisi yang mereka makan tidak baik.

Dikala saat musim hujan, tubuh anak anda akan cenderung lebih mudah diserang dari ancaman penyakit. Disanalah letak dan fungsi dari daya tahan tubuh untuk merespon dan membentengi tubuh anak dari hal hal yang merugikan kesehatan anak.

Setiap orang mempunyai batas sistem kekebalan mereka sendiri, hal ini hanya dapat berkembang dikala anda masih berusia dibawah 15 tahun saja, selepas itu daya tahan tubuh hanya ada optimal atau tidaknya dalam tubuh seseorang . jika anda pandai dalam merawat dan menjaga kesehatan anda itu artinya anda juga telat memelihara sistem kekebalan tubuh anda.

Ketika tubuh anak anda mengalami penurunan daya tahan. Anda harus bertindak dengan memberikan asupan gizi yang lebih baik dan penting sekali mengenali indikator daya tahan tubuh sedang turun. Beberapa indikator daya tahan tubuh lemah :

Bobot badan makin berat

Berat badan menjadi tolak ukur daya tahan tubuh anda meningkat atau turun, ini mengikuti berat badan anda yang sebelumnya jika naik dan sesuai dengan tinggi badan anda maka itu masih dalam tahap normal.

Tidak cukup minum

Menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan adalah cara untuk menjaga daya tahan tubuh anda, jika anda kurang minum air putih dalam sehari maka kuman dan bakteri yang berkembang didalam sistem pencernaan anda akan berkembang pesat. Ini menandakan bahwa daya tahan anda sedang digerogoti sedikit demi sedikit.

Tekanan yang membuat stres

Ingat anak tidak boleh diberikan beban yang hanya akan menekan mereka, anak harus dibuat sesantai mungkin karena dunia anak adalah dunia bermain. Dalam memberikan target dalam belajar biasanya orang tua menargetkan peringkat tertentu.

Sering jatuh sakit

Anak yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah akan mudah diserang oleh penyakit musiman seperti demam dan flu. Anak yang mempunyai daya tahan tubuh yang baik akan tahan terhadap perubaha musim.

Mengonsumsi gula berlebih

Indikator yang terakhir ini memang merupakan sebuah tindakan dimana orang yang mengkonsumsi gula berlebih akan berimbas kepada perubahan metabolisme tubuh yang tidak teratur.

author