Ekspor Madu beserta Sarang Lebah (Comb Honey)

No comment 879 views

Madu merupakan bahan alami yang berasal dari lebah dan terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Madu juga telah dibuktikan oleh banyak penelitian dengan teknologi yang modern mengandung banyak vitamin, mineral, anti-oksidan serta kandungan lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Banyaknya manfaat madu dan tingginya permintaan terhadap madu kini dilirik oleh beberapa negara untuk menjadikan madu sebagai barang ekspor, seperti halnya Amerika Serikat. Amerika Serikat merupakan salah satu pengekspor madu terbesar di dunia, salah satunya sebagai pengekspor madu beserta sarang lebah (comb honey).

Comb honey terbuat dari lilin yang berasal dari lebah dan disusun secara bergantian dengan nektar yang telah dikumpulkan lebah. Produksi comb honey tergantung musim dan sangat terbatas. Comb honey umumnya mulai diproduksi pada musim panas sekitar Desember hingga Januari, dan untuk pemanenan pertama pada bulan Maret hingga April. Comb honey diambil langsung dari bagian sarang lebah. Ukuran dan penyajian comb honey dapat tergantung dari selera masing-masing individu. Dalam 2,8 kg sarang lebah, dapat dihasilkan 1 kg comb honey.

Amerika Serikat mampu mengekspor comb honey sebanyak 836.439 kg atau senilai 3.916.708$ pada tahun 2015 hingga bulan Maret. Sedangkan pada bulan Maret itu sendiri, Amerika Serikat mendapatkan pendapatan dari bisnis ekspor comb honey sebanyak 400.456 kg dengan nilai 1.288.202$. Comb honey telah diekspor ke beberapa negara seperti Afganistan, Kepulauan Bahama, Bangladesh, Barbados, Brazil, Kepulauan Cayman, China, India, Jepang, Korea Selatan, Kuwait, Belanda, Panama, Filiphina, Singapura, Arab, dan Yaman.

Harga comb honey ekspor berkisar 2,43$ hingga 9$ per kg. Harga ekspor comb honey terendah pada negara Brazil, Kuwait, dan Philiphina yaitu seharga 2,43$/kg. Sedangkan harga tertinggi pada Kepulauan Bahama, yaitu sekitar 9$/kg. Pasar comb honey terbesar untuk Amerika Serikat yaitu negara India dengan nilai ekspor sebesar 910.470$ sebanyak 260.400 kg pada tahun 2015 hingga bulan Maret. Harga comb honey untuk India berkisar 3,5$/kg. Terakhir pada bulan Maret, India mengekspor 223.300 kg comb honey dengan nilai 783.060$. Dan untuk ekspor comb honey terendah pada Kepulauan Cayman sebanyak 548 kg dengan nilai 3.180$ dengan harga 5,8$/kg. Harga comb honey di setiap negara juga berbeda untuk pasar ekspor. Untuk negara Afganistan berkisar 7,31$/kg, 4,44$/kg untuk Bangladesh, 3,12 $/kg untuk Barbados, 2,48$/kg untuk China, 3,69$/kg untuk Jepang, 5,33$/kg untuk Korea Selatan, 3,76$/kg untuk Panama, 5,95$/kg untuk Belanda, 3,07$/kg untuk Singapura, 2,62$/kg untuk Arab, serta 2,85$/kg untuk Yaman.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan dan mendistribusikan comb honey yaitu kondisi comb honey yang mudah rusak sehingga harus hati-hati dalam pendistribusiannya. Posisi comb honey harus berada dalam posisi tegak lurus pada kondisi yang rata. Suhu yang diperlukan untuk penyimpanan berkisar 20-30oC. hindari penyimpanan comb honey pada suhu 14oC karena dapat terjadi pengkristalan.

author