Impor Comb Honey oleh Amerika Serikat

No comment 570 views

Amerika Serikat tidak hanya dikenal sebagai pengekspor comb honey (madu beserta sarang lebah), namun Amerika Serikat juga melakukan impor comb honey. Impor dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat Amerika Serikat terhadap comb honey. Proses pembuatannya yang bergantung musim membuat ketersediaan comb honey menipis pada bulan-bulan tertentu. Produk comb honey yang mudah rusak juga menjadi penyebab menurunnya ketersediaan comb honey.

Comb honey memiliki banyak kegunaan, diantaranya untuk olesan pengganti selai pada roti, sebagai camilan, sebagai pelengkap masakan, atau dapat pula disajikan bersama buah, seperti kiwi dan anggur. Pada saat digunakan sebagai olesan roti, comb honey dapat dimakan bersama roti dan dapat menambah citarasa lembut pada roti. Lilin lebah pada comb honey pun sepenuhnya aman untuk dikonsumsi. Comb honey memiliki rasa dan aroma yang khas dari pengekstrasian madu. Beberapa jenis nektar bunga berperan dalam menciptakan ciri khas dari comb honey. Pada kondisi yang kurang mendukung akan mempengaruhi nilai nutrisi dari comb honey.

Produksi comb honey seperti hanya produksi madu mengandalkan produksi lilin pada lebah. Perbedaan antara produksi comb honey dengan produksi madu ekstraksi yaitu pada comb honey membutuhkan produksi lilin lebah yang terus menerus setiap musim. Produksi lilin lebah sangatlah jarang pada beberapa koloni lebah. Koloni yang lemah tidak mampu memproduksi comb honey secara efisien. Menjaga kekuatan (stamina) koloni lebah sangatlah perlu dilakukan. Apabila koloni terlalu lemah untuk bergerak pada musim semi, maka koloni tersebut tidak mampu memproduksi comb honey dengan baik. Mereka tidak akan mampu memproduksi lilin lebah untuk mereka sendiri dan untuk persediaan.

Amerika Serikat mengimpor comb honey dari negara Austria, Brazil, Bulgaria, Kanada, Republic Dominika, Mesir, Prancis, Jerman, Yunani, Guatemala, Hungaria, India, Italia, Lithuania, Meksiko, Selandia Baru, Polandia, Portugal, Rusia, Arab Saudi, Serbia, Spanyol, Swiss, Taiwan, Turki, dan Ukraina. Pada tahun 2015 hingga bulan Maret, Amerika Serikat mengimpor 782.960 kg comb honey dengan harga 5.649.303$. Dan pada bulan Maret 2015 itu sendiri, Amerika Serikat mengimpor 280.533 kg comb honey senilai 1.421.747$. Selandia Baru merupakan pengimpor terbesar comb honey untuk Amerika Serikat. Amerika Serikat menerima comb honey dari Selandia Baru sebanyak 212.183 kg yang senilai 1.568.198$. Sedangkan untuk pengimpor tersedikit oleh negara Arab Saudi dengan nilai 6.517$ atau sebanyak 790 kg comb honey.

Harga tertinggi comb honey berasal dari negara Swiss sebesar 16,42$/kg dan harga termurah dari Guetamala sebesar 1,56$/kg. Kisaran harga yang berbeda juga ditawarkan oleh negara-negara pengimpor comb honey. Harga 12,60$/kg dari Austria, 6,56$/kg dari Brazil, 3,73$/kg dari Bulgaria, 8,37$/kg dari Kanada, 4,21$/kg dari Republik Dominika, 2,43$/kg dari Mesir, 4,08$/kg dari Prancis, 5,63$/kg dari Jerman, 10,11$/kg dari Yunani, 7,38$/kg dari Hungaria, 3,13$/kg dari India, 15,62$/kg dari Italia, 4,4$/kg dari Lithuania, 4,3$/kg dari Meksiko, 7,4$/kg dari Selandia Baru, 3$/kg dari Polandia, 6,67$/kg dari Portugal, 4,41$/kg dari Rusia, 8,25$/kg dari Arab Saudi, 7,48$/kg dari Serbia, 7,85$/kg dari Spanyol, 6,74$/kg dari Taiwan, 7,03$/kg dari Turki, dan 3,06$/kg dari Ukraina.

author