Kelebihan Madu Asli Dibandingkan dengan Gula Biasa

No comment 670 views

Madu asli mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Madu asli dijadikan pemanis alami yang banyak dipilih masyarakat daripada pemanis buatan seperti gula yang tidak mengandung vitamin dan mineral atau nutrisi penting lainnya. Madu asli merupakan gula berbentuk cair yang berasal dari lebah. Berikut perbedaan madu asli dengan gula biasa :

  1. Satu sendok makan gula memiliki 46 kalori, sedangkan satu sendok makan madu asli memiliki 64 kalori.
  2. Gula biasa merupakan sukrosa yang terdiri dari dua molekul yang terikat bersama. Ketika Anda mengkonsumsi gula biasa, perut akan memproduksi enzim untuk memisahkan molekul pada gula agar tubuh dapat menggunakan energi tersebut. Sedangkan pada madu asli, lebah madu telah menambahkan enzim khusus yang secara alami dapat memecah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa yang merupakan dua gula sederhana, sehingga tubuh akan lebih mudah menyerap energi dari madu.
  3. Gula biasa tidak memiliki vitamin dan mineral, sehingga sering disebut sebagai kalori kosong. Konsumsi gula biasa akan membutuhkan nutrisi agar gula dapat dicerna oleh tubuh. Ketika cadangan nutrisi dalam tubuh habis, maka tubuh akan kesulitan melakukan metabolisme asam lemak dan kolesterol. Akibatnya, kadar kolesterol di dalam darah akan menjadi lebih tinggi sehingga dapat menyebabkan obesitas karena kadar kolesterol yang lebih tinggi daripada asam lemak dalam tubuh. Sedangkan madu asli tidak mengandung bahan kimia yang tidak sehat sehingga madu asli dapat digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula untuk menjaga kesehatan.
  4. Selain perbedaan nutrisi, madu memiliki rasa yang berbeda dengan gula biasa. Meskipun sama-sama memiliki rasa yang manis, madu asli memiliki rasa yang lebih unik. Ada beberapa jenis madu yang memiliki rasa yang berbeda, tergantung dari sumber nektar tanaman bunga.

Madu asli mengandung beberapa vitamin seperti B6, niasin, tiamin, dan riboflavin. Madu asli juga memiliki beberapa asam amino penting, serta mineral yang meliputi besi, tembaga, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, kalium, fosfor, dan seng. Pemanis alami ini juga mengandung antioksidan alami yang membantu melawan kanker.

Madu asli terbukti tidak mengandung kolesterol dan beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa madu yang ditambahkan ke dalam menu diet dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Madu asli merupakan pilihan makanan yang sehat karena memiliki indeks glikemik rendah yang berarti kandungan gula pada madu asli akan diserap tubuh secara perlahan ke dalam aliran darah sehingga pencernaan akan menjadi lebih baik. Mengkonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi akan menyebabkan pelepasan insulin yang lebih banyak karena pankreas akan menghasilkan glukosa dalam jumlah banyak di darah.

Madu asli merupakan sumber karbohidrat alami yang memberikan energy dan kekuatan untuk tubuh Anda. Madu asli juga efektif untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja atlet karena mampu mengurangi kelelahan. Kandungan fruktosa dan glukosa pada madu asli memiliki peran yang penting dalam mengurangi kelelahan selama latihan karena madu asli mudah dan cepat diserap ke dalam aliran darah tubuh.

Madu asli juga sering digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan produk kosmetik, seperti perawatan bayi, perawatan kulit, perawatan rambut, scrub wajah, lotion tangan, dan pelembab. Sifat higroskopis pada madu asli sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam produk kosmetik karena dapat membuat kulit lebih lembab dan segar. Kandungan anti-mikroba dan anti-oksidan pada madu asli juga mampu membantu meremajakan sel-sel kulit sehingga kulit terasa lebih lembut.

author