Khasiat Madu Untuk Perawatan Luka Bakar

No comment 718 views
Khasiat Madu Untuk Perawatan Luka Bakar

Khasiat Madu Untuk Perawatan Luka Bakar

Penggunaan madu untuk perawatan luka sudah banyak diketahui sejak ribuan tahun lalu. Dunia kedokteran modern saat ini telah banyak membuktikan madu sebagai obat penyembuh lluka yang unggul. Sebuah laporan menunjukan luka yang di balut dengan madu menutup pada 90% kasus. Pada luka bakar derajat ringan, penyembuhan dengan olesan madu berlangsung lebih cepat. Pasien luka bakar harus ditransplantasi kulit dipercepat penyembuhanya dengan madu.

Madu juga telah diteliti untuk terapi luka infeksi dan sukar sembuh, misalnya pada gangren diabetik, yaitu luka yang terjadi akibat penyakit diabetes melitus. Luka ini biasanya bersifat krosnis dan sukar sembuh karena buruknya aliran darag dan persarafan pada penderita diabetes. Madu mempermudah pnyembuhan, terbukti dari 143 luka yang bersifat kronis hanya satu hal yang gagal sembuh.

Pernahkah anak anda terluka karena meraka bermain petasan atau kembang api. Kalau mengikuti ilmu dari nenek moyang kita, pasti si anak akan diolesi pasta gigi pada luka bakarnya. Pemahaman yang kurang tepat bagi masyarakat modern sekarang. Diharapkan kepada orang tua yang sudah faham tentang efek dari pengolesan pasta gigi pada luka bakar hanya akan membuat iritasi pada luka bakar saja. Madu adalah jawaban yang tepat dan alami untuk masalah ini. Madu merangsang terbentuknya sel kulit yang baru dan sehat sehingga jarang membuat bekas luka yang jelek. Kandungan madu yang kaya akan nutrisi membuat pasokan zat-zat yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka selalu cukup.

Manfaat lainya adalah madu dapat mengurai peradangan yang ditandai dengan berkurangnya nyeri, bengkak dan luka yang mengering. Salah satu penyebab karena madu memiliki osmolaritas yang tinggi hingga menyerap air dan memperbaiki sirkulasi serta pertukaran udara di area luka. Selain itu, madu memiliki efek membersihkan. Hal ini dikarenakan madu tidak bersifat lengket pada luka dan jaringan mati turut terangkat hingga luka menjadi bersih.

Madu berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh karena dapat meningkatkan jumlah sel darah putih. Jadi, kemampuan madu untuk menghambat radikal bebas akan mengurangi kerusakan jaringan dan kemampuanya merangsang sel darah putih akan mempercepat penyembuhan. Madu juga membuat lingkungan menjadi lembab yang mendukung pembentukan kulit baru. Sehingga bekas luka bakar itu akan tidak nampak sama sekali.

Walau fungsi utama darri madu anak bukanlah untuk luka bakar, namun madu berkhasiat sebagai alternatif alami sebagai obat dari luka bakar pada anak. Namun jika luka bakar yang dialami oleh anak sudah masuk dalam kategori luka bakar yang parah. Sekiranya orang tua berkunjung ke dokter untuk mendapatkan krim tertentu dan mendapatkan obat dalam. Ini akan memberikan kenyamanan tersendiri kepada si anak dan orang tua.

author