Konsumsi Madu Asli untuk Atlet

No comment 883 views

Madu asli merupakan sumber karbohidrat yang mampu menyediakan 17 gram karbohidrat di setiap sendok makan madu. Karbohidrat dapat membuat kerja otot lebih optimal karena karbohidrat merupakan bahan bakar utama yang dapat dimanfaatkan sebagai energi. Karbohidrat sangat diperlukan para atlet untuk membantu menjaga glikogen otot sebagai karbohidrat yang tersimpan. Glikogen pada otot ini dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar yang paling penting bagi atlet. Madu asli dapat pula digunakan sebagai sumber energi alami yang cepat, mudah, dan enak. Berikut pemanfaatan madu asli yang dapat digunakan oleh para atlet.

  1. Nutrisi pra-latihan. Ahli gizi di bidang olahraga telah merekomendasikan para atlet untuk mengkonsumsi karbohidrat sebelum kegiatan olahraga untuk meningkatkan energi tambahan. Madu asli sebagai sumber energi dapat pula dikonsumsi sesaat sebelum berolahraga. Madu asli yang dikonsumsi akan dilepaskan secara perlahan sebagai nutrisi penambah energi selama olahraga berlangsung.
  2. Nutrisi selama latihan. Mengkonsumsi karbohidrat seperti madu asli selama latihan dapat membantu memelihara otot dan menjaga tubuh agar tidak mudah lelah, dibandingkan tidak mengkonsumsi suplemen. Selama latihan berlangsung, Anda dapat meminum madu yang telah dilarutkan ke air sebagai nutrisi penambah energiy.
  3. Nutrisi pasca-latihan. Pemulihan yang optimal sangat penting untuk setiap atlet untuk mengembalikan energi dan vitalitas. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kombinasi karbohidrat dan protein setelah latihan (30 menit setelah) sangat ideal sebagai bahan bakar pengganti dan mengurangi nyeri otot. Madu asli juga dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat yang dapat digunakan sebagai nutrisi pasca-latihan bersama protein. Selain mampu membantu penyembuhan otot dan pemulihan glikogen, konsumsi kombinasi karbohidrat dan protein dapat mempertahankan konsentrasi gula darah setelah latihan.

Konsumsi madu yang dicampurkan dengan buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, biji-bijian dan makanan sehat lainnya dapat menambah total gizi dan dapat memberikan energi yang besar. Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi madu sebagai nutrisi bagi atlet.

  1. Menghindarikan atlet dari dehidrasi (kekurangan cairan). Cairan tubuh sangatlah penting bagi seorang atlet. Untuk menghindari dehirasi, cukup tambahkan madu ke dalam botol air minum untuk meningkatkan energi selama latihan.
  2. Campurkan madu dengan makanan ringan. Makanan ringan yang baik untuk atlet yaitu buah-buahan dan sayuran. Cobalah untuk mencampur buah-buahan dan sayuran tersebut dengan selai kacang dan madu asli, atau madu asli dan krim keju.
  3. Selai kacang dan sandwich yang terbuat dari roti gandum dan dicampur dengan madu asli dapat digunakan sebagai makanan ringan yang mampu menyediakan energi. Kombinasi makanan tersebut sangat baik untuk atlet karena mengandung nutrisi lengkap berupa karbohidrat, protein, dan lemak.
  4. Madu asli merupakan sumber energi yang mudah dikemas dan dibawa sehingga akan mempermudah Anda untuk memenuhi kebutuhan energi selama turnamen atau kegiatan jangka panjang.
author