Madu Sebagai Obat Herpes Anak

No comment 681 views

Herpes pada anak lebih rentan karena anak yang masih dalam masa pertumbuhan belum mempunyai pertahanan tubuh yang sempurna. Sistem pertahanan anak masih dalam tahap berkembang sehingga anak akan mengalami sebuah keadaan dimana tubuh mereka memerlukan asupan gizi tambahan yang dapat membantu dalam perkembangan tubuh dan sistem daya tahan tubuh mereka. Madu adalah bahan alami yang dapat membantu anak dalam perkembangan sistem daya tahan tubuh anak.

Herpes atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan cacar merupakan suatu penyakit yang lebih sering menyerang kulit yang ditandai dengan kulit seperti melepuh yang disebabkan oleh Virus Herpes Simplex (HVS). Biasanya penderita akan merasakan kulit melepuh yang disertai dengan nyeri otot di sekitar kulit tersebut. Herpes di bagi menjadi dua jenis yaitu Herpes Genitalis dan Herpes Zoster. Herpes Genitalis biasanya di sebabkan oleh virus VHS yang menyebabkan infeksi atau peradangan pada kulit terutama di daerah vagina, penis, anus, pantat, pangkal paha ataupun selangkangan. Sedangkan Herpes Zoster disebabkan oleh virus varicella-zoster yang akan menyebabkan timbulnya gelembung cairan yang hampir ada di bagian seluruh tubuh.

Herpes merupakan penyakit yang dapat menular, bisa melalui kontak sentuhan dengan bagian yang mengalami infeksi, keringat, pemakaian benda atau alat yang sama dan dengan cara melakukan hubungan seksual dengan penderitanya. Penyakit herpes ini dapat menyerang siapa saja tidak terkecuali bayi ataupun anak-anak yang dianggap rentan tertular penyakit. Pada anak kecil infeksi herpes bisa menyebabkan luka yang membuat anak kesakitan dan adanya peradangan pada mulut, gusi ataupun vagina yang terasa nyeri sehingga anak akan lebih rewel disertai demam dan nafsu makan nya menurun. Herpes pada anak juga bila tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan infeksi herpes terbut menyebar ke seluruh organ dalam termasuk otak.

Adapun gejala dari herpes pada anak yang wajib di ketahui adalah sebagai berikut :

  • Suhu tubuh anak tinggi sekali mengalami demam tinggi
  • Sakit tenggorokan yang membuat anak nangis terus menerus.
  • Ada bintik merah pada kulit dan dapat membentuk gelembung cairan yang di sertai sakit perut.

Madu bersifat sebagai antivirus, antibakteri, antiinflamasi / peradangan yakni dengan membentuk suatu sistem antibodi pertahanan yang kuat di dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu madu juga dapat membunuh dan menghambar pertumbuhan virus/bakteri yang berbahaya dan menyebabkan penyakit. Kandungan madu di dalam nya berfungsi untuk meregenerasi sel sel yang telah mati. Sehingga anak yang masih tumbuh pada usia yang rentan terserang penyakit maka di perlukan konsumsi madu secara teratur karena dengan konsumsi madu yang teratur maka daya tahan tubuh terhadap penyakit akan sangat terjaga.

Madu yang senantiasa menjadi makanan tambahan berguna sebagai zat yang menjaga tubuh kita terhindar dari herpes yang biasanya menyerang pada anak yang kurang mendapat perhatian tentang kebersihan tubuh.

author