Madu Vitabumin, Obat Alami Untuk Diare

No comment 1836 views

Vitabumin madu untuk anak, bisa menjadi makanan suplemen untuk membantu anda untuk mengawasi dan mencukupi nutrisi anak. Dengan vitabumin madu anak akan mempunyai daya tahan tubuh terhadap penyakit yang rentan menyerang anak kita. Orang tua terkadang dibuat khawatir akan kualitas makanan yang di jual di luaran sana. Pasti was was ketika anak anda mengalami sakit karena konsumsi jajanan yang berkualitas buruk.

Orangtua sebaiknya jangan meremehkan penyakit diare pada anak. Menurut data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) diare merupakan masalah kesehatan nasional dengan angka kematian yang tinggi. Rata-rata balita di Indonesia akan mengalami diare 2-3 kali per tahun. Namun sejak diperkenalkannya oralit, angka kematian akibat diare menurun. Sayangnya balita yang mengalami gizi kurang masih cukup tinggi, dimana gizi buruk merupakan penyebab penyakit diare pada anak.

Anak dinyatakan menderita diare bila buang air besarnya lebih encer dan lebih sering dari biasanya. Tinja anak yang mengalami diare dapat mengandung lendir dan darah, tergantung pada penyebabnya. Gejala penyerta diare lainnya adalah demam dan muntah. Kadang gejala muntah dan demam bisa mendahului gejala mencretnya. Berikanlah anak vitabumin madu untuk menjaga kesehatan mereka. Kandungan madu dalam vitabumin dapat menjaga daya tahan tubuh anak kita.

Karena terjadinya mencret dan muntah yang terus menerus, anak akan merasa haus karena dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) ringan. Bila tidak ditolong, dehidrasi bisa bertambah berat dan timbul gejala: anak tampak cengeng, gelisah, dan bisa tidak sadarkan diri. Mata tampak cekung, ubun-ubun cekung (pada bayi), bibir dan lidah kering, tidak tampak air mata walaupun menangis.

Jika tidak diatasi dengan baik, diare dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan (kurang gizi) bila tidak diberikan terapi gizi yang adeakuat atau memenuhi syarat. Dalam pengobatan diare ada dua prinsip. Pertama rehidrasi, mengganti cairan yang hilang. Ini dapat dilakukan melalui mulut (minum) maupun melalui infus (pada kasus dehidrasi berat). Kedua, pemberian makanan yang adekuat. Pemberian makanan seperti yang diberikan sebelum sakit harus dilanjutkan, termasuk pemberian ASI. Pada diare yang ringan tidak diperlukan penggantian susu formula.

Bila gejala dehidrasi muncul berikan larutan berikut sebegai pertolongan pertama di rumah. Jika diare masih berlanjut Anak Ana harus segera dibawa ke rumah sakit:

 

Larutan Garam-Gula

Bahan terdiri dari 1 sendok teh gula pasir,seperempat sendok teh garam dapur dan 1 gelas (200 ml) air matang. Setelah diaduk rata pada sebuah gelas diperoleh larutan garam-gula yang siap digunakan.

 

Larutan garam Tajin

Bahan terdiri dari 6 (enam) sendok makan munjung (100 gram) tepung beras, 1 (satu) sendok teh (5 gram) garam dapur, 2 (dua) liter air. Setelah dimasak hingga mendidih akan diperoleh larutan garam-tajin yang siap digunakan.

Sediakan vitabumin madu di rumah anda sebagai pendamping dan akan membantu anda dalam mencukuppi nutrisi makanan tambahan bagi anak.

author