Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

No comment 567 views

Madu sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat. Madu mengandung beberapa vitamin dan mineral, diantaranya niacin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium, boron, potassium dan seng. Madu juga mengandung flavonoid, asam phenolic, serta anti-oksidan yang mampu mengurangi radikal bebas yang dapat merusak kesehatan tubuh. Madu yang berwarna gelap memiliki kandungan anti-oksidan yang lebih tinggi daripada madu yang berwarna terang. Dalam setiap satu sendok makan madu, terkandung 64 gram kalori, 17 gram karbohidrat, dan 16 gram gula.

Sejak zaman dahulu, madu telah digunakan sebagai obat. Madu telah terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti demam, radang gusi, nyeri, batuk, pilek, tuberculosis (TBC), obesitas, sembelit, diare, dan masih banyak lagi manfaat dari madu untuk pengobatan. Madu juga mampu meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh dan mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Kini, banyak penelitian yang berkaitan dengan madu untuk mengembangkan manfaat pengobatan dengan madu. Berikut manfaat madu bagi kesehatan.

  1. Penyembuh luka. madu sangat efektif untuk penyembuhan luka karena madu bersifat steril dan anti-bakteri, tidak menyebabkan iritasi, tidak beracun, bernutrisi, dan cara penggunaan madu yang mudah dan nyaman. Kandungan anti-bakteri pada madu mampu membersihkan luka dalam waktu 7-10 hari setelah penggunaan dan membantu dalam proses pembentukan jaringan baru.
  2. Penyembuh luka pada penderita diabetes. Kandungan anti-oksidan dan anti-bakteri pada madu mampu membantu mempercepat proses penyembuhan dan pengeringan luka. Madu mampu merangsang pertumbuhan jaringan kulit dan menutup luka hingga 80%. Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi madu sebagai pengganti gula untuk diet yang seimbang.
  3. Radang sendi. Radang sendi dapat diatasi dengan mengoleskan pasta yang terbuat dari madu dan air hangat dengan perbandingan 1:2 kemudian tambahkan sedikit bubuk kayu manis. Oleskan dan pijat pasta tersebut ke bagian tubuh yang terasa sakit. Rasa sakit akan berkurang setelah satu hingga dua menit penggunaan. Untuk penderita radang sendi, minum secara rutin setiap pagi dan malam segelas air hangat yang dicampur dengan dua sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis.
  4. Infeksi kandung kemih. Untuk menghilangkan kuman penyebab infeksi kandung kemih, minum dua sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis yang dilarutkan ke dalam segelas air hangat.
  5. Kolesterol. Seduh 16 ons the yang dicampur dengan dua sendok makan madu dan tiga sendok the bubuk kayu manis, berikan minuman tersebut ke penderita kolesterol. Minuman tersebut akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh hingga 10% selama 2 jam.
  6. Sakit jantung. Buatlah pasta yang terbuat dari madu dan bubuk kayu manis, kemudian gunakan pasta untuk mengolesi roti pada saat sarapan. Konsumsi pasta tersebut akan mengurangi kadar kolesterol dalam pembuluh darah dan menyelamatkan penderita dari serangan jantung.
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi setiap hari madu dan bubuk kayu manis akan meningkatkan sistem imunitas dengan meningkatkan jumlah sel darah putih yang melawan serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Penelitian menunjukkan, madu mengandung berbagai jenis vitamin dan zat besi dalam jumlah yang banyak.
  8. Memperpanjang umur. Rebus teh yang dicampur dengan 4 sendok madu, satu sendok bubuk kayu manis, dan 3 gelas air. Minum ΒΌ gelas teh sebanyak 3-4 kali sehari. Minuman ini akan menjaga kulit tetap segar dan lembut serta menahan penuaan.
  9. Kanker. Penelitian di Jepang dan Australia membuktikan bahwa madu mampu menyembuhkan kanker perut dan tulang. Pasien yang menderita kanker setiap harinya mengkonsumsi 3 kali sehari satu sendok makan madu yang dicampur dengan satu sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan.
  10. Bau mulut. Penduduk di Amerika Selatan memiliki nafas yang segar sepanjang hari karena mereka setiap pagi rutin berkumur dengan satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dilarutkan pada segelas air hangat.
  11. Pendengaran yang berkurang. Gunakan madu dan bubuk kayu manis sebagai obat tetes telinga setiap pagi dan malam hari.

Manfaat madu telah dibuktikan sejak zaman nenek moyang dan masih dipercaya untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit. Madu tidak hanya dapat dikonsumsi oleh orang yang menderita sakit, namun juga untuk anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan serta orang yang sehat untuk menjaga kebugaran. Bahan yang alami dari madu tidak akan memberikan efek samping meskipun dikonsumsi rutin setiap hari. Selamat mencoba khasiat madu.

author