Manfaat Madu Untuk Anak 1 Tahun

No comment 2243 views

Madu mempunyai kandungan nutrisi yang amat berguna anak-anak usia 1 tahun keatas. Manfaat dan kegunaan madu utuk anak usia 1 tahun ke atas sangatlah baik bagi pertumbuhan fisik dan otaknya. Namun banyak dari orang tua yang lupa bahwa madu untuk anak berbeda dengan madu untuk orang dewasa. Sekarang untuk para orang tua harus lebih memilih madu untuk perkembangan pertumbuhan anak-anaknya. Karena madu untuk anak memang di formulasi dengan bahan tertentu guna melengkapi kebutuhan nutrisi pada anak usia 1 tahun ke atas. Madu merupakan bahan alami yang mudah didapat dan harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Untuk anak usia di bawah satu tahun, madu tergolong bahan makanan yang membahayakan karena dapat menimbulkan reaksi alergi yang disebut botulism. Bakteri yang terkandung dalam madu berkaitan dengan reaksi ini membentuk spora yang jika tertelan oleh bayi akan menghasilkan racun yang cenderung berdampak pada usus bayi. Ini di sebabkan karena anak usai tersebut masih belum mempunyai metabolisme yang sempurna. Banyak orang masih mengetahui dan hanya mengikuti tradisi bahwa untuk menghentikan tangis mereka mengoleskan madu pada botol dot bayi padahal cara itu sama sekali tidak dianjurkan oleh dokter. Jadi para ibu di harapkan memberikan madu untuk anak di atas 1 tahun.

Manfaat dan kegunaan madu untuk anak di atas usia 1 tahun sangat banyak. Madu membantu meningkatkan perkembangan otak dan pertumbuhan anak terutama rambut dan kulitnya. Rambut anak akan semakin tebal dan sehat juga bercahaya, sedangkan kulit anak akan tampak lembut dan mulus. Jika madu dikonsumsi oleh anak yang lebih tua usianya atau anak balita maka akan sangat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh mereka. Karena madu berfungsi sebagai antioksidan, vitamin dan mineral seperti mangan, zat besi, tembaga dll. Madu untuk anak usia 1 tahun ke atas juga berperan dalam pembentukan anti bodi anak, sehingga daya tahan tubuh anak akan mencapai perkembangan maksimal.

Untuk anak yang berusia dua tahun ke atas, bisa juga menggunakan madu sebagai obat batuk alami atau suplemen tambahan alami. Madu bisa membantu meringankan tenggorokan gatal dan kering. Tentu saja dosis yang diberikan harus sesuai dengan usia anak. Madu juga memicu produksi air liur yang berfungsi sebagai ekspektoran alami untuk meringankan tenggorokan dari batuk. Riset membuktikan bahwa madu yang berwarna lebih gelap memiliki lebih banyak antioksidan dan memiliki lebih banyak kegunaan dibandingkan madu yang berwarna terang.

Vitabumin madu adalah produk madu untuk anak usia 1 tahun ke atas. Yang mempunyai bahan dasar yang lengkap untuk menunjang dan mendukung pertumbuhan anak usia 1 tahun ke atas. Seperti hal nya bahan temulawak untuk menambah nafsu makan anak. Pegagan yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak anak. Serta ekstrak ikan gabus yang membantu anak dalam masa pemulihan saat sehabis sakit.

author