Manfaat Madu Untuk Menambah Berat Badan

No comment 3154 views

Berat badan merupakan faktor penting untuk menunjang penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Orang yang terlalu kurus atau terlalu gemuk cenderung memiliki rasa percaya diri yang kurang apabila bertemu dengan orang lain. Orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) memiliki resiko terserang penyakit yang lebih besar, seperti jantung, kanker, diabetes, kolesterol, dan penyakit berbahaya lainnya. Namun orang yang kurus dikhawatirkan tidak mampu melakukan aktivitasnya dengan lancar karena hanya memiliki cadangan energi yang sedikit yang disebabkan oleh penyerapan nutrisi yang kurang optimal. Pemilihan makanan yang kurang tepat akan berdampak pula pada kesehatan tubuh. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, termasuk dengan obat-obatan.

Faktor yang mempengaruhi berat badan yaitu gangguan proses makan (seperti adanya penyakit), psikologis, lingkungan,  serta keadaan sinyal syaraf yang berhubungan dengan hormon dan enzim yang berhubungan dengan nafsu makan. Madu dapat digunakan sebagai nutrisi pendamping bagi orang yang menginginkan berat badan yang ideal. Madu mampu membantu kerja otak untuk mengatur hormon yang berperan dalam mengatur nafsu makan. Hormon ghlerin diproduksi untuk menimbulkan rasa lapar pada perut. Produksi hormon tersebut akan meningkat sebelum makan dan menurun setelah makan, sehingga rasa lapar dapat diatur untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Hormon leptin berperan dalam mengatur nafsu makan, penyerapan sari makanan, dan optimalisasi energi. Kandungan fruktosa pada madu akan mempengaruhi berat badan dan penyerapan nutrisi. Madu juga disarankan sebagai suplemen diet bagi orang yang mengalami obesitas, karena madu mampu mengatur nafsu makan dan dapat digunakan sebagai sumber energi. Kandungan fruktosa dan sukrosa pada madu dapat menimbulkan kenaikan oksidasi karbohidrat dan penggunaan energi yang lebih besar, sehingga fruktosa mampu meningkatkan atau menurunkan berat badan tergantung penggunaannya.

Konsumsi madu dapat dilakukan setiap pagi dengan mencampurkan madu pada jus jeruk hangat. Dapat pula dengan meminum madu dan bubuk kayu manis yang dilarutkan pada segelas air hangat. Minuman ini diminum 30 menit sebelum sarapan dan pada saat sebelum tidur. Kebiasaan mengkonsumsi madu tidak menambah kegemukan karena madu berperan sebagai sumber energi bagi yang sedang menjalani diet tinggi kalori. Untuk sumber energi lain, madu juga dapat dicampurkan pada yogurt yang rendah lemak dengan beberapa potongan buah.

Selain dengan mengkonsumsi madu, perilaku makan juga harus dijaga untuk mencapai berat badan yang ideal. Biasakan segera makan ketika lapar dan menghentikan makan ketika sudah kenyang. Jangan membiarkan lambung dan usus kosong dalam jangka waktu tertentu. Pastikan keseimbangan jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Olahraga yang rutin dan konsumsi makanan dan minuman yang bergizi akan membantu tubuh untu mencapai berat badan yang ideal. Selain dapat menjaga berat badan, madu juga mampu meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Manfaat lain juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi madu secara rutin, diantaranya untuk penyembuhan luka dan terapi kecantikan. Selamat mencoba khasiat madu.

author