Membedakan Madu Asli dan Palsu

No comment 4273 views

Madu adalah minuman atau cairan yang berasal dari lebah pilihan yang sekarang menjadi salah satu komoditas unggulan dan terpercaya di pasaran dan di mata konsumen. Banyak budidaya lebah yang berkembang di indonesia, menyebabkan kualitas madu yang berbeda di tiap daerahnya. Madu yang berasal dari hutan lepas masih menjadi madu yang banyak di minati oleh konsumen. Disinilah celah yang di manfaatkan oleh oknum yang tidak berrtanggung jawab. Mereka membuat madu palsu demi meraih keuntungan semata dan mengabaikan kepentingan dari konsumen mereka. Maka berhati- hati dan berusahalah membedakan madu asli dan palsu.

Dikarenakan karena manisnya madu dan manisnya rupiah yang di dapat dari menjual madu. Banyak dari konsumen yang tertipu oleh madu yang berharga murah. Padahal total produksi madu mungkin relatif terbatas. Karena pasar yang menggiurkan inilah, membuat beberapa pengusaha atau penjual tertarik untuk berbuat nakal dengan cara memalsukannya.

Dituntut untuk bisa membedakan mana madu asli dan madu palsu. Mungkin berikut cara untuk mengetahui perbedaaannya.

Menuangkan Madu Dalam Air

Tuangkan madu ke dalam segelas air. Jika madu itu asli madu akan segera jatuh ke dalam gelas, sedang jika madu palsu cenderung akan menyebar dan membuat air keruh, Madu mempunyai daya koagulasi/tarik-menarik kuat sedang yang palsu tidak. Karena sebab yang sama saat di tuangkan madu asli tidak terputus sedang madu palsu jatuhnya terputus-putus.

Membentuk Pola Heksagonal

Mungkin ini cara ajaib untuk membedakan madu asli atau palsu. Karena memang secara ilmiah bisa dibuktikan. Untuk melihatnya, teteskan beberapa tetes madu ke piring. Setelah itu tuangkan beberapa sendok air, lalu goyanglah beberapa kali. Jika madu itu asli, akan terlihat membentuk pola heksagonal atau pola rumah lebah. Jika madu itu palsu tidak akan membentuk pola serupa.

Meneteskan Di Kertas

Teteskan madu ke permukaan kertas, bisa menggunakan kertas biasa atau kertas koran. Madu asli akan lama menembus kertas, dibutuhkan beberapa menit untuk menembusnya. Jika madu itu palsu beberapa detik saja akan menembus kertas. Sebabnya adalah kadar air di dalam madu tersebut. Madu palsu mempunyai kadar air yang banyak, maka madu itu akan gampang terserap ke pori-pori kertas. Perlu di ketahui madu asli hanya mempunyai kadar air paling besar sebanyak 20%, karena itu sulit menembus pari-pori kertas tersebut.

Menuangkan Di Atas Kuning Telur

Jika anda ingin bermodal sedikit, anda bisa menggunakan telur ayam atau telur bebek mentah. Tuangkan madu di atas kuning telur, maka telur tersebut akan ter-koagulasi dan terlihat seperti matang. Proses pematangan itu disebabkan karena madu mengandung asam, dan telur mengandung protein yang bila di campur akan menggumpal dan terlihat seperti matang.

Memanaskan Madu

Panaskan madu yang akan anda periksa ke dalam tungku dengan api yang tak terlalu besar. Saat akan mendidih madu asli akan timbul gelembung-gelembung udara yang meletu-letup. Bedakan dengan madu palsu, bukan gelembung yang akn di timbulkan, melainkan buih seperti ciri khas air gula ketika di masak.

Dengan menjadi konsumen yang tahu cara membedakan madu asli dan palsu. Anda dapat memperkirakan apakah madu tersebut asli atau tidak. Karena disinilah letak kerugian ganda yang di alami konsumen, dari sisi ekonomis dan kesehatan. Demi keluarga anda, apabila sudah menjadi tradisi dalam keluarga untuk mengkonsumsi madu, maka sekiranya berhati – hati dalam membedakan madu palsu dan madu palsu.

author