Menakjubkan Berbisnis Ekspor Madu Alam

No comment 834 views

Pola hidup yang kurang baik pada sebagian besar masyarakat kini dapat sebagai pemicu berbagai jenis penyakit mematikan, seperti sakit jantung, kolesterol, diabetes, dan kanker. Madu sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai obat alami yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Madu telah dipercaya secara turun temurun di berbagai belahan dunia untuk menjaga kesehatan. Kandungan anti-oksidan, anti-bakteri, anti-viral, anti-fungi, serta berbagai vitamin dan mineral mampu mengobati berbagai jenis penyakit dan meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Penelitian juga telah membuktikan berbagai manfaat dari madu dan menyarankan madu sebagai nutrisi pendamping untu proses penyembuhan serta nutrisi pertumbuhan anak.

Rasa madu yang manis menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadikan madu sebagai nutrisi yang dapat dikonsumsi setiap hari. Kandungan bahan yang alami tidak akan memberikan efek samping meskipun madu dikonsumsi secara rutin. Madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka, terapi setelah melakukan operasi, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan stamina tubuh, serta juga dapat sebagai nutrisi pendamping bagi anak yang mengalami autisme. Kebutuhan yang tinggi akan madu telah dimanfaatkan oleh berbagai negara untuk mendapatkan pendapatannya dengan cara mengekspor madu, salah satunya Amerika Serikat.

Amerika serikat mampu mengekspor madu ke berbagai dunia seperti Kanada, Chile, Jerman, Hongkong, Inggris dan negara besar lainnya. Pendapatan Amerika Serikat dalam mengekspor madu pada tahun 2015 hingga bulan Maret mencapai 1.277.272$ atau sebanyak 510.144 kg madu. Untuk bulan Maret sendiri, Amerika Serikat mampu mengekspor 226.952 kg dengan nilai 1.058.541$. Amerika Serikat mengekspor madu alam ke Kanada dengan jumlah terbesar, yaitu senilai 1.305.194$ atau sebanyak 248.110 kg. Sedangkan nilai ekspor terendah pada Kepulauan Cayman sebanyak 649 kg seharga 2.555$.

Harga madu alam dari Amerika Serikat memiliki kisaran harga yang berbeda tergantung negara tujuannya. Harga ekspor untuk madu alam berkisar 2,43$ hingga 17,62$ per kg. Harga terendah yaitu 2,43$/kg pada negara Jepang dan Arab. Dan harga 17,62$/kg sebagai harga tertinggi untuk negara Inggris. Harga di setiap negara tujuan pun juga berbeda, diantaranya 4,12$/kg untuk Kepulauan Bahama, 6,45$/kg untuk Barbados, 3,33$/kg untuk Kepulauan Bermuda, 5,26$/kg untuk Kanada, 3,94$/kg untuk Kepulauan Cayman, 15,74$/kg untuk Chile, 6,63$/kg untuk China, 3,36$/kg untuk Republik Domonika, 2,82$/kg untuk Jerman, 11,29$/kg untuk Guatemala, 6,33$/kg untuk Hongkong, 2,8$/kg untuk India, 6,99$/kg untuk Korea Selatan, 4,87$/kg untuk Belanda, 6,96$/kg untuk Pakistan, 7,49$/kg untuk Panama, 7,22$/kg untuk Filiphina, 6,58$/kg untuk Singapura, dan 3$/kg untuk Vietnam.

Meskipun harga madu alam terbilang sangat mahal, negara-negara tersebut tetap mengimpor madu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tingkat kesadaran yang tinggi tentang manfaat madu membuat negara tersebut sangat membutuhkan madu sebagai suplemen harian mereka. Kebutuhan yang tinggi akan madu alam di setiap negara ini membuka lebar kesempatan untuk mengekspor dan berbisnis madu, terutama untuk Indonesia.

author