Nutrisi dari Ekstrak Ikan Gabus

No comment 771 views

Makanan dibutuhkan tubuh untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Nutrisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral sangat dibutuhkan agar tubuh tetap sehat. Di dalam protein, nutrisi yang tersusun yaitu karbohidrat, lemak, vitamin, dan enzim. Dan di dalam tubuh, protein merupakan komponen penyusun struktur sel, antibodi, serta hormon dan enzim. Dalam menu makanan sehari-hari, ikan merupakan salah satu jenis protein hewani. Ikan mengandung protein sebanyak 16% hingga 20%.

Ikan gabus (ikan kuthuk) merupakan ikan air tawar yang masih sering ditemui. Sedangkan, ekstrak ikan gabus mengandung protein albumin, lemak, glukosa, dan beberapa mineral Zn, Cu, dan Fe. Berikut sedikit penjelasan tentang kandungan ekstrak ikan gabus.

  1. Albumin. Ekstrak ikan gabus mengandung komponen penyusun utama pada protein berupa albumin (sebesar 64,61% dari total protein). Ekstrak ikan gabus memiliki nilai albumin yang lebih tinggi daripada kandungan albumin pada putih telur. Albumin dari ekstrak ikan gabus memiliki nilai yang sangat tinggi (2.17 g/100 ml) dan sangat baik untuk anak yang sedang dalam proses pertumbuhan dan pasien yang sedang dalam proses penyembuhan.
  2. Asam amino. Penelitian menunjukkan ekstrak ikan gabus mengandung asam amino nonessential, berupa glycine, asam glutamic, arginine, dan asam aspartic. Asam amino ini sangat penting untuk proses penyembuhan luka.
  3. Asam lemak. Kandungan lemak pada ekstrak ikan gabus sebanyak 5,7% hingga 35,93%. Asam lemak pada ekstrak ikan gabus terdiri dari C16 (asam palmitic), C22:6 (DHA), C18:1 (asam oleic) dan C18:0 (asam stearic). Ekstrak ikan gabus mengandung eicosapentaenoic acid (EPA) dan decosahexaenoic acid (DHA) yang berperan dalam proses penyembuhan luka.
  4. Mineral Zinc (Zn). Zn merupakan mineral esensial yang berperan dalam memperbaiki fungsi dan penyusun sel membran pada tubuh. Kekurangan mineral Zn berhubungan dengan perubahan sistem imunitas seperti menurunnya fungsi sel B dan T pada tubuh, reaksi sensitif yang berlebihan, phagocytosis, dan produksi sitokinin. Mineral Zn pada ekstrak ikan gabus merupakan mineral yang berperan dalam proses penyembuhan dan nafsu makan anak. Konsumsi ekstrak ikan gabus secara teratur terbukti mampu meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, Zn juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas pada tubuh.

Mineral Cu dan Fe. Kandungan Cu dan Fe pada ektrak ikan gabus merupakan mineral yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Mineral Cu bersama Fe berperan penting dalam fungsi enzim, terutama amine oxidase dan pyridoxal phosphate. Mineral Cu dan Fe berperan dalam mengatur integritas membran myelin, formasi pada tulang dan syaraf penghubung, melanin pada kulit dan rambut, serta menormalkan fungi jantung dan organ reproduksi. Kekurangan Cu dan Fe dapat mengakibatkan lemahnya respon sistem imunitas, fungsi reticule endothelial, dan aktivitas phagocytes.

author