Nutrisi Enak untuk Kesehatan

No comment 538 views

Ikan kuthuk atau yang lebih dikenal dengan ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang sering kita temukan. Ikan gabus telah lama digunakan sebagai sumber protein dan sering dikonsumsi oleh orang yang selesai melakukan operasi untuk mempercepat penyembuhan luka. Ikan gabus dapat digunakan sebagai alternative makanan yang tinggi akan kandungan protein dan albumin. Kini, telah dilakukan pengekstrasian ikan gabus untuk mendapatkan manfaat dari ikan gabus dengan cara yang lebih praktis. Selain itu, ekstrak ikan gabus akan lebih mudah dikonsumsi, terutama bagi orang yang sedang dalam proses penyembuhan.

Tidak hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, ekstrak ikan gabus juga disarankan untuk dikonsumsi oleh anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. Ekstrak ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, seperti asam amino, asam lemak, DHA, albumin, mineral Zn dan Cu, serta vitamin A dan D. Nutrisi tersebut penting untuk daya tahan dan pertumbuhan anak, terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Anak yang memiliki sistem imunitas atau daya tahan tubuh yang kuat, maka anak tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, ekstrak ikan gabus juga mampu meningkatkan nafsu makan anak. Anak menjadi lahap makan dan berat badannya akan meningkat.

Anak yang sehat cenderung akan lebih aktif dalam kegiatannya. Terkadang, anak mendapatkan luka dari kegiatannya, seperti luka karena terjatuh, lecet, tergores, terbakar, atau bahkan anak mendapatkan operasi dari kegiatan yang ia lakukan. Diperlukan penanganan dan perawatan yang tepat dan cepat untuk menyembuhkan luka pada anak, atau anak akan mendapatkan infeksi dari luka yang ia dapatkan. Kandungan asam amino dan asam lemak pada ekstrak ikan gabus dapat membantu dalam proses penyembuhan luka dengan menggantikan sel-sel yang rusak. Luka akan lebih cepat tertutup dan tergantikan dengan jaringan yang baru, sehingga luka pada anak akan lebih cepat sembuh. Selain itu, kandungan anti-bakteri dan anti-fungal pada ekstrak ikan gabus pun dapat mengurangi terjadinya infeksi pada luka.

Nutrisi dari ekstrak ikan gabus pun mampu menjaga kesehatan hati, jantung, dan ginjal. Konsumsi ekstrak ikan gabus pun sangat dianjurkan untuk anak yang menderita kekurangan gizi (malnutrisi), pasien pasca-operasi, serta penderita stoke, HIV, dan TBC (tuberculosis). Namun, anak yang sehat pun juga disarankan untuk mengkonsumsi ekstrak ikan gabus. Konsumsi ekstrak ikan gabus setiap hari tidak akan memberikan efek yang buruk karena albumin pada ekstrak ikan gabus akan disimpan sebagai massa otot. Apabila tubuh membutuhkan albumin, maka cadangan albumin pada otot akan dirubah menjadi albumin. Namun, apabila cadangan albumin pada massa otot ini diambil secara terus menerus, maka akan terjadi gangguan pada metabolisme tubuh. Jadi pengkonsumsian ekstrak ikan gabus sangat disarankan karena dapat bermanfaat sebagai suplemen kesehatan.

author