Peluang Usaha Menjanjikan Budidaya Lebah

No comment 827 views

Pernahkah terlintas di fikiran anda untuk berternak lebah, dan menjual madu lebah ke konsumen anda. Atau anda pernah bertanya seperti apa lebah yang menghasilkan madu yang manis ini. Mungkin setelah anda mengetahui lebah jenis apa yang unggul dalam hal produksi madu, anda dapat mengembangkan ide lain untuk menjadi peternak madu dan anda dapat menjual madu asli. Bahkan anda dapat mengkonsumsinya sendiri apabila anda hanya berternak dalam skala yang kecil.

Peluang usaha yang mungkin akan menjadi jalan rezeki bagi anda. Namun beredarnya madu palsu dipasaran menjadikan kepercayaan pelanggan madu akan turun, namun itulah yang menjadi hal yang perlu anda jawab. Menjawab kepercayaan dari konsumen. Anda harus menjaga kualitas dari madu yang anda produksi dan anda jual madu asli itu kuncinya.

Apis mellifera, Lebah madu Eropa ini sudah lama dijinakkan dan dibudidayakan orang. Lebah ini bisa beradaptasi dengan baik dengan alam sekiatarnya. Di daerah beriklim dingin, lebah ini tidak terlalu agresif dan kurang suka bermigrasi, tetapi peka terhadap penyakit. Produktivitas madunya tinggi sehingga banyak yang beternak lebah madu Apis mellifera.

Dari keempat jenis lebah penghasil madu, lebah jenis Apis mellifera yang paling populer. Lebah jenis ini merupakan lebah madu yang paling utama yang paling banyak dan paling mudah untuk dibudidayakan selain jinak juga sangat potensial dan produktif menghasilkan berbagai jenis produk perlebahan seperti madu, royal jelly, propolis, bee pollen.

Jual madu asli menjadikan banyak orang di luar sana membuat segala cara untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Jika anda sebagai konsumen dan mendapatkan madu yang anda beli adalah palsu maka kekecewaan itu akan menular ke orang lain, karena mereka akan menceritakan pengalaman mereka dalam membeli produk yang palsu.

Namun jika anda menjual madu asli , dengan kualitas dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk madu asli lainya. Makan anda akanmendapatkan promosi gratis dari satu orang ke orang lain. Percaya atau tidak itulah yang terjadi.

Persaingan pasar dalam jual madu asli akan membuat semua produsen berlomba untuk menghasilkan produk yang unik dan tepat sasaran. Mereka akan melakukan inovasi dengan produk yang mereka miliki, ini untuk menjawab kebutuhan dari konsumen mereka. Seperti madu untuk ibu hamil, madu untuk anak dan untuk lansia.

Aslakan anda mampu untuk menjaga omset anda. Dengan jual madu asli anda masih dapat bersaing dengan produsen lainya. Cukup fokus pada produk unggulan anda. Dan menjaga lingkungan ternak anda. Jangan sampai lebah anda sampai harus terbang jauh untuk mendapatkan serbuk bunga. Maka usahakan anda mencari tempat berternak lebah yang strategis. Yang dekat dengan lahan kebun atau pertanian.

author