Pemanfaatan Madu Asli untuk Kulit dan Rambut

No comment 1379 views

Madu asli merupakan rahasia dari Cleopatra untuk merawat kecantikannya. Dan sekarang ini, madu asli telah digunakan banyak wanita untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Madu asli, terutama madu yang masuh mentah (raw honey) adalah salah satu bahan yang memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Madu asli mengandung banyak anti-oksidan yang bagus untuk mencegah keriput dan penuaan kulit. Kandungan anti-bakteri pada madu asli dapat membantu mencegah dan menghilangkan jerawat dengan membuka pori-pori dan mencegah penyumbatan. Madu asli juga dapat digunakan sebagai pelembab yang mampu mengatasi iritasi dan menghilangkan noda serta mampu membuat kulit lebih bercahaya. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk perawatan tubuh menggunakan madu asli.

 

  • Pelembab kulit menggunakan masker madu. Usap dan ratakan satu sendok makan madu asli ke bagian tubuh yang kering, diamkan selama 5 hingga 30 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Penggunaan madu asli juga dapat dicampur dengan 1 sendok makan margarine, satu sendok makan madu, dan 1 kuning telur. Campurkan semua bahan tersebut dan oleskan pada kulit yang kering, kemudian diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air hangat.
  • Madu asli sebagai pembersih wajah. Madu asli yang dicampur dengan minyak kelapa dapat digunakan untuk membersihkan sisa makeup pada wajah. Campurkan madu asli dan minyak kelapa kemudian gosokkan ke wajah untuk mengurangi sisa makeup dan membuka pori-pori kulit, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Masker (scrub) untuk tubuh menggunakan campuran madu asli dan almond. Tekstur dari bubuk kacang almond dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati, sedangkan kandungan almond dan madu asli mampu melembabkan kulit. Campurkan 2 sendok teh bubuk kacang almond dan 2 sendok teh madu asli hingga membentuk pasta. Gosokkan pasta madu dan almond ke tubuh dengan gerakan melingkar kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Madu asli sebagai lotion kulit. Kulit yang kering dapat diatasi dengan mengoleskan campuran satu sendok makan madu, satu sendok teh minyak zaitun, dan perasan jeruk lemon, diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat.
  • Perawatan wajah menggunakan campuran madu asli dan lemon. Lemon banyak mengandung vitamin C, antioksidan, dan alpha hydroxy acids. Potong lemon menjadi dua bagian dan buang bijinya. Tambahkan 1 satu sendok teh madu asli ke bagian lemon telah dipotong. Gosokkan kombinasi madu asli dan lemon ke seluruh wajah dan diamkan selama 5 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Rambut berkilau dengan menggunakan madu asli. Campurkan satu sendok madu asli dengan satu liter air hangat kemudian ratakan pada rambut yang telah dikeramasi. Diamkan rambut selama satu jam kemudian bilas kembali rambut dengan air bersih. Cara lain yang dapat digunakan yaitu dengan mengoleskan rambut dengan campuran ½ hingga 1 sendok teh madu asli dengan 5 gelas air hangat. Diamkan rambut beberapa saat hingga kering untuk mendapatkan rambut yang berkilauan.
  • Berendam dengan campuran susu dan madu asli ala Cleopatra. Campurkan ¼ botol madu asli dengan 2 gelas susu dan beberapa tetes minyak esensial. Larutkan campuran tersebut pada air hangat yang digunakan untuk berendam.

 

author