Penggunaan dan Manfaat Madu Asli

No comment 1156 views

Madu asli telah banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia selama 2.500 tahun terakhir. Karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, madu asli mulai digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional, seperti pengobatan Ayurvedic. Penelitian yang menggunakan alat modern pun mulai meneliti kandungan dan manfaat yang lain dari madu asli.

Madu asli dikenal sebagai Honig dalam bahasa Jerman, Miele di Italia, Shahad dalam bahasa Hindi, Miel di Perancis dan Spanyol, serta Mel dalam bahasa Portugis. Sampai sekarang ini, seluruh masyarakat di dunia telah menggunakan madu asli dan sering digunakan sebagai bagian dari menu diet. Namun, apa yng membuat madu asli begitu diminati?

Kemudahan dalam konsumsi madu asli diduga menjadi penyebab madu begitu banyak dipilih masyarakat sebagai suplemen kesehatan tubuh. Madu asli dapat dikonsumsi secara langsung, dioleskan ke roti, mencampurkannya ke dalam jus atau minuman sebagai pengganti gula, atau dapat pula digunakan sebagai obat dengan mencampurkannya dengan air hangat, air jeruk nipis, kayu manis dan rempah-rempah lainnya.

Berikut penggunaan dan manfaat madu asli yang sering digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Pemanis. Madu asli dapat digunakan sebagai pengganti gula biasa pada makanan dan minuman. Madu asli mengandung glukosa sekitar 69% dan fruktosa, sehingga dapat digunakan sebagai pemanis yang lebih baik untuk kesehatan tubuh daripada gula biasa.
  2. Pengatur berat badan. Meskipun madu asli memiliki lebih banyak kalori, konsumsi madu yang dilarutkan pada air hangat mampu membantu mencerna lemak yang tersimpan dalam tubuh. Kombinasi madu asli dan jus lemon serta madu dan kayu manis mampu membantu mengurangi berat badan. Madu asli mengandung sekitar 64 kalori di setiap satu sendok makan. Oleh karena itu, madu asli sering digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan, satu sendok makan gula biasa hanya mampu menyediakan sekitar 15 kalori. Selain itu, karbohidrat dalam madu asli dapat dengan mudah dikonversi menjadi glukosa, meskipun pada perut yang paling sensitif.
  3. Peningkat stamina atlet. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu asli mampu berperan sebagai ergogenic yang sangat baik serta mampu membantu dalam meningkatkan stamina atlet. Mengkonsumsi madu asli adalah cara yang bagus untuk menjaga kadar gula dalam darah, penyembuhan cidera otot dan pemulihan glikogen setelah latihan, serta mengatur jumlah insulin dalam tubuh.
  4. Sumber vitamin dan mineral. Madu asli mengandung berbagai vitamin dan mineral. Jenis dan kuantitas dari vitamin dan mineral madu asli tergantung pada jenis bunga yang digunakan sumber nektar. Madu asli juga mengandung vitamin C, kalsium dan besi.
  5. Kemampuan anti-bakteri dan anti-jamur. Madu asli memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur sehingga sering digunakan sebagai anti-septik alami dalam obat-obatan tradisional.
  6. Antioksidan. Madu asli mengandung nutraceuticals yang sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh akan meningkat.
  7. Perawatan kulit dengan susu dan madu asli. Campuran susu dan madu asli sering digunakan karena kedua bahan ini dapat membantu menyehatkan kulit. Oleh karena itu, banyak wanita yang mengkonsumsi susu dan madu asli setiap pagi untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat.
  8. Penyembuh luka. Banyak penelitian yang mempelajari manfaat madu dalam pengobatan luka. Madu asli dapat digunakan sebagai penyembuh luka karena sifat antimikroba sehingga mampu membantu membentuk debridement autolytic. Madu asli juga dapat mengurangi aroma yang kurang enak pada luka serta mempercepat mempercepat proses penyembuhan dengan memperbaiki jaringan yang terluka.
author