Perawatan dan Pencegahan Tuberculosis (TB)

No comment 571 views

Tuberculosis (TB) merupakan penyakit infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri penyebab TB ini dapat menular kepada orang lain melalui batuk atau bersin dari penderita TB. Kegiatan lain seperti berbicara atau bernyanyi oleh penderita TB juga dapat membantu penyebaran bakteri M. tuberculosis. Orang lain yang menghirup udara yang telah terkontaminasi oleh penderita TB akan segera terinfeksi oleh bakteri penyebab TB. Orang yang telah terinfeksi bakteri penyebab TB tidak semuanya mengalami gejala penyakit TB, tergantung dari sistem imunitas masing-masing orang. Penderita TB biasanya akan mengalami batuk yang mengeluarkan dahak dan darah selama 3 minggu atau lebih, sesak nafas, kehilangan nafsu makan dan berat badan, demam, mudah lelah, serta merasa kedinginan dan berkeringat pada malam hari. Orang yang menderita TB harus melakukan terapi pengobatan selama enam bulan untuk menghilangkan infeksi dan mencegah terjadinya bakteri menjadi resisten terhadap pengobatan yang diberikan.

Anak yang menderita TB sangat disarankan untuk mengkonsumsi ekstrak ikan gabus untuk mempercepat proses pengobatannya. Ekstrak ikan gabus dapat digunakan sebagai suplemen pendamping selama terapi pengobatan dilakukan. Kandungan anti-bakteri pada ekstrak ikan gabus akan menekan perkembangan dan melawan bakteri M. tuberculosis penyebab penyakit TB. Selain itu, kandungan albumin pada ekstrak ikan gabus dapat membantu proses penyerapan obat, sehingga dapat memaksimalkan fungsi obat dan anak menjadi lebih cepat sembuh. Selain itu, berat badan anak yang cenderung menurun selama terapi pengobatan berlangsung juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak ikan gabus. Ekstrak ikan gabus juga mampu meningkatkan nafsu makan anak sehingga berat badan anak akan kembali naik.

Setelah anak sembuh dari TB pun, perlu diberikan ekstrak ikan gabus secara rutin untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri lain penyebab penyakit. Anak yang sudah tertular oleh bakteri penyebab TB bisa saja tidak menunjukkan gejala yang seperti dirasakan oleh penderita TB. Hal ini bisa terjadi karena sistem imunitas anak yang kuat. Namun, gejala TB akan muncul setelah sistem imunitas anak rendah atau menurun. Ekstrak ikan gabus mampu meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh anak sehingga anak tidak akan mudah terserang penyakit. Konsumsi ekstrak ikan gabus setiap hari tidak akan menimbulkan efek samping karena albumin pada ekstrak ikan gabus akan disimpan dalam bentuk massa otot sebagai cadangan albumin.

Bakteri M. tuberculosis penyebab TB tidak akan menular melalui jabat tangan, berbagi makanan dan minuman, serta toilet yang digunakan bersama. Infeksi bakteri ini dapat dicegah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan seimbang, olahraga yang rutin, istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem imunitas. Pemberian suplemen kesehatan seperti ekstrak ikan gabus juga diperlukan untuk meningkatkan sistem imunitas dari dalam tubuh. Dengan sistem imunitas yang kuat, maka bakteri penyebab penyakit tidak akan mudah berkembang dan menginfeksi, serta tidak akan menyebabkan penyakit.

author