Perkembangan Pesat Ternak Lebah Madu

No comment 692 views
Perkembangan Pesat Ternak Lebah Madu

Perkembangan Pesat Ternak Lebah Madu

Jual madu merupakan salah satu cara masyarakat Indonesia untuk memdapatkan pendapatan tambahan. Namun banyak dari masyarakat yang sudah mampu untuk berternak lebah, sehingga dapat menghasilkan madu dengan kualitas dan variasi madu yang bermacam-macam.

Dikota-kota besar di Indonesia sudah banyak dari penduduk setempat yang memanfaatkan lingkunganya untuk berternak lebah madu. Bagi sebagian warga yang tinggal di daerah perkebunan karet, otomatis lebah mereka akan mencari nektar yang berada di hutan karet tersebut. Begitu pula dengan daerah yang mempunyai perkebunan buah seperti anggur dan strawberry ini memungkinkan sekali kalau lebah para peternak akan mencapai perkebunan tersebut untuk mengambil nektar bunga dari buan tersebut.

Peternak jual madu dengan cara yang berbeda-beda. Namun masih banyak yang memasarkan secara langsung. Namun dengan perkembangan zaman dan komunikasi yang lebih efisien dan cepat, sekarang pemasaran madu dari peternakan lokas sudah bisa bersaing dengan madu yang berasal dari kota lain. Kebanyakan madu tersebut sudah mempunyai sertifikat dari dinas kesehatan. Yang memungkinkan para peternak menyalukan produk mereka ke kios-kios yang menjual obat tradisional ataupun apotek-apotek yang sudah modern.

Ini memunculkan produk-produk madu dengan kecepatan produksi masal, atau bisa dibilang sudah dikonfersi menjadi komoditi pabrik besar. Dengan peralatan yang lebih canggih dan modal untuk mendapatkan mangsa pasar yang lebih. Disinilah keuletan dan kecerdikan dari peternak di uji dan mereka harus berani bersaing dengan produk yang berasal dari pabrik yang notabene sulit dikalahkan dalam hal produksi. Produk yang dditawarkan juga hampir sama, semua mempunyai target usia yang hampir sama, yaitu madu untuk dewasa dan madu untuk anak-anak.

Madu dewasa yang dipergunakan di masyarakat mempunyai kualitas yang bervariasi, kebanyakan madu yang beredar adalah hasil dari hutan. Namun madu itu tidak dianjurkan dikonsumsi untuk anak dibawah usia dewasa. Sebagian masyarakat masih lebih percaya dengan produk dari hasil peternakan dan hasil hutan. Dan kurang memberikan kepercayaan kepada produk yang diproduksi di pabrik. Inilah fenomena kesetiaan dari para penduduk Indonesia kepada para peternak lebah.

Madu anak mempunyai karakteristik nutrisi yang harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dengan anak. Madu anak vitabumin yang mengandung albumin dari ikan gabus adalah salah satu kombinasi yang tepat apabila kita berbicara tentang madu untuk anak - anak. Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak menjadi hal yang rentan bagi orang tua yang kurang mengetahui apa yang perlu di berikan kepada anak. Selain sayur dan buah sebagai penyeimbang dari makanan yang dibutuhkan anak perlu juga diberikan susu. Madu anak juga dapat menjadi alternatif yang tepat untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan anak. Terlebih lagi pertumbuhan anak dimasa usia sebelum 12 tahun. Adalah masa emas pertumbuhan badan dan otak seorang anak.

author