Tips Kreatif Atasi Anak Susah Makan

No comment 641 views

Tumbuh kembang anak pasti menjadi perhatian utama ayah dan bunda. Salah satu indikator tumbuh kembang anak yang paling mudah adalah berat badan, tinggi badan, psikomotorik, dan sosial.

Berat badan anak yang tidak ideal pada anak susah makan kerap membuat sebagian Bunda kehilangan kesabaran. Ujung-ujungnya memberikan suplemen penambah nafsu makan kepada anak tanpa memperhatikan efek sampingnya. Maka lebih baik Anda memberikan suplemen alami dari herbal pilihan seperti Vitabumin untuk menambah nafsu makan anak. Komposisi Vitabumin terdiri dari madu pilihan, ekstrak temulawak, ekstrak pegagan yang semuanya terbukti ilmiah sebagai penambah nafsu makan anak. Sementara kandungan ekstrak albumin ikan gabus di dalamnya, mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh anak.

Selain memberikan Vitabumin, anak susah makan terjadi karena mereka hanya kehilangan selera makan. Maka cobalah tips kreatif atasi anak susah makan berikut ini.

Ajak si kecil mempersiapkan makanan. Akan menarik jika Bunda mengajak si kecil ke supermarket untuk memilih bahan. Ajak juga ke dapur memotong-motong sayuran sambil tetap perhatikan keamanannya. Buat juga camilan sehat dengan mengajak si kecil seperti pizza, aneka kue kering, puding, atau camilan sehat apa saja.

Menambah bumbu rempah pada masakan. Cobalah sajikan masakan berbumbu rempah. Aroma sereh, lengkuas, kunyit, jahe, daun jeruk dan “bumbu pawon”  lainnya terkenal manjur meningkatkan selera pada anak susah makan. Cobalah memasak sayur bobor, opor, kare, soto, bahkan rawon untuk melatih indra perasa di kecil.

Mendesain tampilan makanan agar menarik. Menyajikan hidangan kepada anak dengan tampilan yang menarik sering Bunda lupakan. Coba lakukan platting yang simpel dan funny. Bunda bisa memotong sayuran dengan berbagai bentuk seperti bintang, lingkaran, segitiga atau bunga.

Menambah varian masakan. Jika selama ini Bunda hanya memasak daging atau telur, cobalah memasak seafood. Namun pastikan si kecil tidak memiliki alergi pada seafood. Tidak perlu memasak seafood dengan bumbu yang rumit, cukup goreng saja sudah menggugah selera makan.

Makan bersama keluarga. Bicarakan hal-hal yang menyenangkan dan lucu. Saat makan, anak juga belajar perilaku dari orang dewasa di keluarganya. Lebih baik matikan TV dan singkirkan mainan dari jangkauan anak. Makan makanan di meja makan bersama keluarga adalah yang terbaik. Jika tidak ada meja makan kita bisa menciptakan pengaturan sendiri yang nyaman di rumah. Tidak disarankan makan sambil jalan-jalan keliling kompleks perumahan.

Tawarkan dalam porsi yang kecil. Ingat bahwa ukuran lambung anak masih kecil. Porsi makanan anak sekitar 1/4 porsi makanan dewasa. Siapkan makanan pada masing-masing menu yang akan bisa dimakan dalam sekali gigit. Porsi kecil makanan baru akan lebih mudah diterima. Memang butuh waktu, namun kesabaran akan berbuah manis.

author