Vitabumin Suplemen Alami Anak Susah Makan

No comment 857 views

Orangtua sering dibuat panik bila buah hatinya susah makan. Berbagai cara ditempuh, mulai dari membuatkan aneka ragam makanan, mengajak makan di restoran, memberikan suplemen penambah nafsu makan, bahkan tak jarang ada yang sampai memarahi dan memaksa anak agar mau makan. Ketika memberikan suplemen penambah nafsu makan, orangtua sering tidak memperhatikan efek negatif dari suplemen tersebut. Maka akan lebih baik bila menggunakan herbal alami untuk atasi anak susah makan.

Temulawak merupakan salah satu herbal alami yang bisa mengatasi anak susah makan. Sudah banyak dibuktikan secara klinis bahwa temulawak dapat meningkatkan nafsu makan terutama pada anak. Manfaat temulawak untuk kesehatan, sebenarnya telah lama diketahui secara empiris dan pengalaman turun-menurun dari nenek moyang. Sejak dulu temulawak digunakan sebagai obat penurun panas, merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, diare, mag, perut kembung, dan pegal-pegal.

Dewasa ini penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro mengeluarkan tulisan mengenai manfaat temulawak (curcuma) mengatasi anak susah makan. Penelitian yang diumumkan pada tahun 2008 lalu itu, memaparkan bagaimana curcuma (zat aktif di dalam temulawak) dapat berperan dalam meningkatkan nafsu makan pada anak.

Kini, banyak produsen herbal yang mempergunakan temulawak sebagai suplemen alami untuk anak susah makan. Selain temulawak, herbal alami lainnya yang berfungsi menambah nafsu makan adalah madu. Madu, selain membawa manfaat untuk orang dewasa, ternyata juga bermanfaat untuk anak-anak. Hasil penelitian Y. Widodo pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi di Bogor melaporkan bahwa pemberian madu secara teratur setiap hari dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) dan memperbaiki nafsu makan anak balita.

Hasil penelitian menunjukkan, tingkat morbiditas terhadap panas dan pilek kelompok madu atau sampel menurun, nafsu makan meningkat, porsi dan frekuensi makan bertambah, sehingga konsumsi energi dan protein mereka juga meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapat sirup.

Kini, telah tersedia suplemen alami yang menggabungkan temulawak dan madu untuk mengatasi anak susah makan. Vitabumin hadir menemani orangtua yang mencemaskan tumbuh kembang anak. Selain mengandung madu dan ekstrak temulawak, Vitabumin juga mengandung ekstrak pegagan dan ekstrak protein albumin ikan gabus. Ekstrak pegagan juga telah terbukti khasiatnya. Penelitian dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga, dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Mereka menguji khasiat serbuk pegagan terhadap IQ anak. Hasilnya, serbuk tanaman merambat itu terbukti dapat meningkatkan intelegensia. 15 anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg serbuk pegagan selama 1 bulan. Hasilnya, IQ meningkat sampai 4,6%. Semua anak yang mengikuti uji klinis juga lebih berkonsentrasi.

Bagaimana dengan protein albumin ikan gabus? Ikan gabus ternyata mengandung protein albumin yang lebih besar daripada ikan lain yang sering kita konsumsi misalnya ikan lele dan ikan mas. Sebuah studi yang dilakukan oleh Prof. DR. Dr Nurpudji A. Taslim dari Universitas Hasanudin, Makassar menemukan bahwa kadar albumin pada pasien pascaoperasi rumah sakit Wahidin Sudiro Husodo Makassar meningkat tajam setelah setiap hari diberikan ikan gabus selama 5 minggu. Dengan meningkatnya kadar albumin dalam tubuh anak, maka berat dan tinggi badannya akan berkembang dengan baik.

author